Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil

Selain dapat melepaskan dahaga, air kelapa juga menyehatkan. Itu sebabnya Saat ini banyak yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi air kepala. Lalu apa yang menjadi Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil ?

Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil

Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil | Air kelapa memang menyegarkan diminum dihari yang panas. Selain memberikan energi kesegaran, juga terdapat berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun apakah air kelapa juga aman untuk diminim oleh ibu yang sedang hamil?

Jawabanyya adalah Ya, tentu saja. Selain aman, bahkan air kelapa dengan kandungan vitamin dan mineralnya memiliki berbagai manfaat untuk seorang ibu yang sedang mengandung. Meminum air kelapa selama trisemester pertama kandungan dapat mengurangi dehidarasi akibat Morning Sickness.

Walaupun air kelapa dapat diminum kapanpun, namun ternyata saat terbaik meminumnya adalah di pagi hari saat perut masih kososng, sehingga elektrolit dan nutrisi didalamnya dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Dalam satu cup air kelapa (236 mL) terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut :

  1. Kalori – 46 ccal
  2. Natrium – 252 mg
  3. Kalium – 600 mg
  4. Karbohidrat – 8,9 gram
  5. Serat – 2,6 gram
  6. Gula – 6,26 gram
  7. Kalsium – 6%

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan antiviral, antibakteri, dan antijamur. Asam laurat akan membantu sistem pertahanan tubuh misalnya membantu melawan virus penyebab herpes dan flu. Pasokan asam laurat juga sangat berguna jika menyusui kelak. Zat ini akan membuat bayi yang baru lahir lebih kuat menghadapi penyakit dan infeksi.

  • Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti sodium, potasium, dan klorida.

  • Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kantung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kepala.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Potasium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Potasium juga membantu otot untuk bergerak, syaraf untuk bekerja, dan membantu ginjal menyaring darah.

  • Mengatasi konstipasi

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga mencegah seseorang mengalami susah buang air besar atau konstipasi. Air kelapa untuk ibu hamil selain mencegah dehidrasi juga dapat mencegah konstipasi.

  • Zat Diuretik Alami

Selama masa kehamilan, kadar asam urat dalam tubuh harus dalam kondisi normal. Air kelapa merupakan zat diuretik alami yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, karena adanya kandungan kalium, magnesium, dan mineral. Zat diuretik alami ini juga membantu untuk menyapu racun keluar tubuh serta membersihkan jalur urinasi.

Sehingga dengan meminum air kelapa, fungsi ginjal pun terjaga dengan baik dan bebas dari infeksi. Karena jalur urinasi lebih bersih pula, maka kemungkinan lahir prematur pun menjadi lebih rendah.

  • Menyediakan Elektrolit Esensial

Kebutuhan cairan elektrolit ibu yang sedang hamil lebih besar dikarenakan kondisi yang menyertainya seperti mual dan muntah (morning sickness) serta diare yang dapat membuat tubuh dehidrasi. Air kelapa merupakan sumber yang baik untuk 4 macam elektrolit yang dibutuhkan tubuh ibu hamil, yaitu natrium, kalsium, kalium, dan fosfor.

Keempat macam mineral tersebut dapat memiliki efek menenangkan tubuh serta memberikan energi baru. Hal ini dikarenakan zat elektrolit dapat mentransmisikan muatan listrik di dalam tubuh yang membantu otot befungsi secara maksimal.

Zat elektrolit ini juga membantu menjaga pH tubuh tetap normal serta mengontrol tekanan darah tetap stabil.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kadar elektrolit yang rendah dapat pula menurunkan tekanan darah. Dengan meminum air kelapa, kadar kalium, magnesium, dan asam laurat dalam tubuh bertambah, yang dapat menjaga peredaran darah dalam tubuh tetap stabil, juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menekan kadar kolesterol jahat (LDL).

Satu gelas air kelapa setiap hari selama trisemester terakhir dapat mengurangi ketegangan pra hari melahirkan yang biasanya diikuti dengan kenaikan tekanan darah. Oleh karena tekanan darah stabil dan sirkulasinya berjalan lancar, jantung pun menjadi lebih sehat.

  • Menjaga Berat Badan yang Tetap Sehat

Kenaikan berat badan tidak dapat dihindari oleh ibu yang sedang mengandung, oleh karenanya, dibutuhkan pencegahan terhadap akumulasi lemak yang kurang baik bagi tubuh, berupa low density cholesterol (kolesterol jahat). Air kelapa bisa menjadi salah satu solusinya.

Selain bebas dari lemak, kalori yang terkandung dalam air kelapa juga sangat rendah sehingga sangat baik sebagai pengganti minuman dengan kadar gula tinggi dan juga menjaga janin berkembang dengan sehat dan bugar.

  • Minuman Alami Yang Menyehatkan

Air kelapa yang diminum langung dari buahnya merupakan minuman alami yang tidak mengandung bahan perasa atau tambahan lainnya yang bisa jadi berbahaya bagi ibu hamil.

  • Menggantikan Energi dengan Cepat

Air kelapa kerap disebut sebagai minuman isotonik, yang dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat saat seseorang mengalami dehidrasi hingga kelelahan. Air kelapa sangat baik untuk merevitalisasi tubuh.

Ibu yang sedang hamil biasanya sangat mudah lelah apalagi jika banyak berjalan, dikarenakan berat tubuh yang harus ditopang juga bertambah. Air kelapa sebagai cairan isotonuk membantu mengembalikan energi yang hilang dan juga meningkatkan elastisitas kulit, sehingga meminimalkan stretch mark yang terbentuk selama kehamilan.

  • Mempercepat Pertumbuhan Janin

Kandungan nutrisi yang berlimpah dari air kelapa sangat membantu untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan ibu dan kanin, sehingga pertumbuhan janin di dalam rahim pun tidak terhambat dan lebih sehat.

  • Meningkatkan Kadar Cairan Ketuban

Meminum air kelapa selama trisemester terakhir terbukti dapat meningkatkan kadar cairan ketuban, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi untuk tumbuh. Selain itu, volume darah juga bertambah dan sirkulasi lebih lancar.

Ingat-ingat Hal Ini Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Air kelapa untuk ibu hamil memang memiliki sejumlah manfaat, namun perhatikan beberapa hal berikut jika hendak mengonsumsinya:

  • Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Meski enak dan mengandung banyak manfaat, jangan sampai air kelapa menggantikan posisi air putih. Tetap saja air putih adalah minuman utama.
  • Pastikan air kelapa yang diminum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar. Jika bisa, pastikan pemotongan kelapa dilakukan di depan Anda.
  • Upayakan untuk mengonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi di dalamnya masih utuh.
  • Hentikan mengonsumsi air kelapa jika  ibu hamil tidak menyukai rasanya atau malah membuatnya tidak nyaman.

Baca Juga : Gejala Stres Yang Sering Tidak Disadari Banyak Orang  || Lari Maraton Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Itulah Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil. Menimbang banyaknya manfaat air kelapa untuk ibu hamil, tidak ada salahnya jika anda mengganti kopi dan minuman ringan dengan air kelapa saat menjalani masa kehamilan. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Alasan Air Kelapa Merupakan Teman Terbaik Ibu Hamil |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *