Badan Terlalu Kurus Bisa Mempercepat Datangnya Menopause

Tuntutan masyarakat dan media massa membuat banyak wanita kerap berjuang mati-matian untuk memiliki tubuh kurus. Namun, penelitian akhir-akhir ini justru menguak bahwa Badan Terlalu Kurus Bisa Mempercepat Datangnya Menopause dibanding dengan wanita berat badan normal.

Badan Terlalu Kurus Bisa Mempercepat Datangnya Menopause

Badan Terlalu Kurus Bisa Mempercepat Datangnya Menopause | Setiap perempuan mendambakan tubuh yang indah. Namun, perempuan juga sering salah kaprah dengan mengira bahwa tubuh yang indah adalah tubuh yang kurus bak model. Padahal, berat badan di bawah normal juga ada bahayanya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction menemukan bahwa perempuan yang memiliki berat badan di bawah normal, 30 persen lebih mungkin mengalami menopause sebelum usia 45 tahun.

Temuan kami menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki berat badan kurang pada awal atau pertengahan dewasa mungkin berisiko tinggi mengalami menopause dini,” kata Dr. Kathleen Szegda, seorang peneliti postdoktoral dari University of Massachusetts yang dikutip dari New Scientist.

Penelitian ini melibatkan 78.759 perempuan yang kesehatan reproduksinya dilacak selama 22 tahun. Perempuan yang digolongkan sebagai berberat badan kurang adalah mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) kurang dari 18,5.

Perempuan yang masuk dalam kategori ini, pada usia berapapun, memiliki rata-rata 30 persen peningkatan risiko menopause dini dibanding wanita dengan BMI normal, yaitu 18,5-22,4. Sementara itu, perempuan yang memiliki berat badan kurang pada usia 35 tahun memiliki kemungkinan menopause dini 59 persen lebih tinggi dari rata-rata.

Hal serupa juga terjadi pada perempuan berusia 18 tahun yang memuliki BMI kurang dari 17,5. Mereka 50 persen lebih mungkin mengalami menopause dini daripada rata-rata.

Baca Juga : Obat Herbal Penyakit Miom

Lalu, turunnya berat badan ekstrem pada saat remaja sepertinya memiliki efek yang sangat kuat. Perempuan yang kehilangan berat badan sekitar 20 kilogram atau lebih pada usia 18-20 tahun setidaknya dua kali lebih mungkin mengalami menopause dini.

Tak hanya menopause

Selain menopause dini, perempuan dengan berat badan kurang juga memiliki risiko penyakit jantung dan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang lebih tinggi.

Sampai 10 persen perempuan mengalami menopause dini yang dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi dan kondisi kesehatan lainnya seperti seperti penurunan kognitif, osteoporosis dan kematian dini,” kata Dr Szegda dikutip dari Eurekalert.

Katy Abernethy, seorang spesialis menopause yang tidak terlibat dalam penelitian ini ikut mengomentari.

Risiko kelebihan berat badan pada umumnya lebih dipahami, tetapi perempuan sering kali tidak menyadari adanya komplikasi hormon yang potensial bila terlalu kurus, bahkan di masa mudanya,” kata Abernethy yang juga bekerja di British Menopause Society seperti dikutip dari New Scientist.

Temuan ini menyoroti kebutuhan perempuan untuk mempertahankan berat badan yang sehat di segala usia,” sambungnya.

Baca Juga : Kulit Buah Yang Menyimpan Manfaat Besar Pada Kesehatan

Badan Terlalu Kurus Bisa Mempercepat Datangnya Menopause

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *