Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai

Radikal bebas dapat ditemukan dimana saja, bahkan tubuh anda sebenarnya menghasilkan radikal bebas. Zat ini berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker. Tapi tahukah anda apa itu radikal bebas? dan apa Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai? untuk mengetahuinya simak informasinya dibawah ini.

Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai

Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai | Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron yang tida berpasangan. Sehingga, molekul ini dapat menyumbang atau menerima elektron dari molekul lain. Hal ini membuat radikal bebas bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. Radikal bebas mampu menyerang berbagai molekul dalam tubuh, seperti lipid, asam nukleta dan protein sebagai target utama. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan sel, protein dan DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, makanan yang Anda makan, dan minuman yang Anda minum. Tak hanya itu, sebenarnya tubuh Anda juga menghasilkan radikal bebas dari proses metabolisme penting dalam tubuh, dari berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Seperti, saat tubuh mencerna makanan, saat Anda bernapas, hingga melakukan olahraga.

Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai

Senyawa radikal bebas terdiri dari unsur-unsur yang memiliki ikatan kimia tidak stabil. Biasanya berupa senyawa yang berasal dari ikatan nitrogen dan oksigen yang bersifat sangat reaktif. Radikal bebas ini akan bersifat sebagai toksik atau racun jika masuk ke dalam tubuh manusia. Berbagai gangguan kesehatan dan penyakit akan muncul pada orang yang sering terpapar oleh radikal bebas. Bahkan tidak sedikit kasus kanker ganas yang menyerang tubuh manusia yang terlalu sering terpapar oleh radikal bebas dalam jangka waktu yang lama dan terjadi secara berulang.

Radikal Bebas juga dapat mempengaruhi sifat dan kinerja sel-sel di dalam tubuh. Senyawa reaktif yang ada pada radikal bebas dapat memicu terjadinya aktivitas abnormal pada sel. Jika hal ini di biarkan tanpa ada langkah untuk mengatasinya maka pada akhirnya kejadian seperti ini akan berujung pada munculnya penyakit kanker. Memang seringkali penyakit-penyakit yang di timbulkan oleh sifat racun radika bebas ini tidak muncul secara spontan, perlu waktu hingga penyakit tersebut benar-benar bisa di deteksi secara akurat.

Penyakit Akibat Radikal Bebas

  • Penyakit kanker

Dr Bruce Ames, seorang ilmuwan terkenal di bidang antioksidan dan merupakan profesor di UC Berkeley, memperkirakan bahwa setiap sel manusia dipengaruhi oleh sekitar 10.000 radikal bebas setiap harinya. Dalam keadaan normal, proses yang dijelaskan di atas dapat diperbaiki oleh antioksidan. Tetapi ketika tubuh kita mengalami kekurangan antioksidan dari makanan maka radikal bebas secara brutal akan menghancurkan DNA, pemberantasan sitokin, dan menghancurkan struktur sel. Kerusakan yang dihasilkan oleh radikal bebas tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti kanker.

  • Diabetes militus

Diabetes mellitus adalah sindrom yang awalnya ditandai dengan hilangnya homeostasis glukosa. Penyakit ini berhubungan erat dengan resiko tinggi aterosklerosis, ginjal dan kerusakan saraf serta kebutaan. Kelainan dalam regulasi metabolisme logam peroksida dan transisi yang mendalilkan dapat menghasilkan pembentukan penyakit serta komplikasi jangka panjang. Diabetes mellitus sering dikaitkan dengan radikal bebas meskipun penyebab pasti penyakit ini masih dalam penelitian mendalam.

  • Penyakit kardiovaskular

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas menjadi faktor penting penyebab penyakit jantung. Fakta ini Ini telah memicu banyak penelitian untuk melihat hubungan antara bahaya radikal bebas dan penyakit jantung. Hubungan antara penyakit jantung dan radikal bebas dimulai dengan kerusakan endotel, sehingga mengekspos sel-sel ini ke dalam lapisan sel yang mendasari proses inflamasi yang akhirnya mengarah pada pembentukan lesi aterosklerosis. Intrinsik pembentukan lesi adalah stres oksidatif seluler, karena produksi radikal bebas yang merusak (reaktif oksigen dan nitrogen spesies) oleh banyak jenis sel termasuk sel-sel endotel, sel otot polos pembuluh darah dan monosit/makrofag.

  • Penyakit alzheimer

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif yang dihasilkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan patogenesis penyakit Alzheimer. Radikal bebas adalah senyawa oksigen reaktif yang dapat menyerang dan merusak lipid, protein, dan DNA. Otak sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena kandungan tinggi asam lemak yang mudah teroksidasi, penggunaan oksigen yang tinggi, dan rendahnya tingkat antioksidan. Bukti kerusakan oksidatif telah diperoleh dari jaringan otak postmortem serta dari pasien yang hidup dengan penyakit Alzheimer. Antioksidan seperti vitamin E diketahui dapat membantu mengurangi bahaya radikal bebas untuk otak, sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer.

  • Merusak kulit

Salah satu organ yang terkena bahaya radikal bebas adalah kulit kita. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang dapat merusak hampir semua molekul dalam tubuh kita termasuk struktur selular penting yang ditemukan di organ tubuh terbesar seperti kulit. Untuk meminimalisir hal tersebut kita disarankan mengkonsumsi buah dan sayur segar sumber antioksidan.

Cara Sederhana Mengatasi Radikal Bebas

Setelah mengatasi berbagai bahaya radikal bebas terhadap kesehatan tubuh yang telah dijelaskan diatas, maka alangkah baiknya jika anda melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mengatasi bahaya radikal bebas tersebut. Dan di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi bahaya radikal bebas agar tidak menyebabkan penyakit yang serius pada tubuh :

  1. Konsumsi Buah-buahan segar dan sayuran hijau secara teratur. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin C dan zat antioksidan yang tinggi. Anda tidak boleh melewatkannya dalam menu makan harian anda.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Air merupakan salah satu unsure penting yang berperan dalam kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu air sangat di butuhkan untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat-zat racun yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Penuhi kebutuhan asupan vitamin E. Anda bisa memperolehnya dari suplemen atau makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi seperti kacang-kacangan.
  4. Hindari asap rokok, alkohol, dan berbagai makanan siap saji yang menjadi sumber radikal bebas yang sering tidak di sadari.
  5. Rajin berolahraga secara teratur.
  6. Tidur minimal 7 jam setiap hari.

Nah itulah Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai serta beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bahaya radikal bebas tersebut. Semoga bermanfaat.
Terus kunjungi situs Obat Tricajus untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Baca Juga :

  1. Mana Yang Paling Baik : Keramas Pakai Air Hangat Atau Air Dingin?
  2. Obat Ovary Nutrition Capsule Green World

| Bahaya Dari Radikal Bebas Yang Harus Diwaspadai |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *