Bahaya Kesehatan Menjadi Seorang Perokok Pasif

Perokok aktif memang meningkatkan risiko penyakit jantung sampai kanker paru-paru pada dirinya. Namun ternyata menjadi perokok pasif juga menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Apa saja? Simak terus dibawah ini untuk mengetahui Bahaya Kesehatan Menjadi Seorang Perokok Pasif

Bahaya Kesehatan Menjadi Seorang Perokok Pasif

Bahaya Kesehatan Menjadi Seorang Perokok Pasif | Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya seperti di rumah maupun di lingkungan kerja. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seorang terpajan asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya.

Ketika dihembuskan oleh perokok, asap rokok tidak hilang begitu saja. Asap rokok dapat bertahan di udara sekitar dua hingga tiga jam. Asap rokok akan tetap ada meski tidak terdeteksi oleh indera penciuman maupun penglihatan anda.

Efek Buruk Asap Rokok

Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala dan batuk-batuk.

Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia. Selain itu, asap rokok mengandung lebih dari 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida.

Bahaya Perokok Pasif

  • Pernafasan Terganggu

Asap rokok yang terhirup dapat menggangu fungsi paru-paru, meningkatkan produksi sputum dan batuk, serta menimbulkan ketidaknyamanan pada dada. Oleh karenanya, perokok pasif dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker paru-paru sebagai penyebab kematian yang signifikan pada orang dewasa.

Selain itu, perokok pasif juga dapat meningkatkan keparahan asma pada anak-anak. Penelitian telah menunjukan bahwa sekitar 200.000 hingg 1 juta kasus asma pada anak-anak memburuk karena menjadi perokok pasif.

  • Karena Penyempitan Pembuluh Darah, Perokok Pasif Berisiko Terkena Penyakit Jantung Dan Stroke

Paparan asap rokok yang terhirup dalam jangka waktu yang pendek dapat meningkatkan sensitivitas trombosit dan penurunan kemampuan jantung untuk menerima dan memproses oksigen. Paparan asap rokok yang terhirup dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan plak dan efek buruk pada kolesterol darah. Sehingga darah akan lebih lengket dan menggumpal.

Penyumbatan pembuluh darah ini dapat berakibat fatal. Darah yang telah menggumpal dan bercampur dengan lemak yang menempel di pembuluh darah dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, hingga kematian mendadak.

  • Meningkatkan Risiko Meningitis Pada Anak-Anak

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS, paparan asap tembakau, baik melalui perokok aktif maupun perokok pasif telah meningkatkan risiko pengembangan penyakit yang disebabkan oleh bakteri meningokokus.
Meningokokus adalah suatu penyakit yang timbul akibat infeksi yang disebabkan oleh kuman bakteri yang dikenal sebagai meningokokus. Penyakit ini kadang-kadang dapat menyebabkan meningitis, keracunan darah, kematian atau cacat. Para peneliti menemukan fakta bahwa anak-anak yang terpapar asap rokok memiliki risiko dua kali untuk terserang penyakit akibat bakteri ini.

  • Pendengaran Ikut Terganggu Karena Infeksi Telinga Bagian Tengah Yang Dipicu Oleh Asap Rokok

Sekitar 20% kasus infeksi saluran telinga bagian tengah (otitis) terjadi pada anak-anak usia 1 hingga 2 tahun yang mana kondisi tersebut dapat merusak sistem pendengaran. Kebanyakan gangguan ini disebabkan oleh paparan asap rokok.

Menurut Kepala Investigator Dr Deborah Lehmann, yang mengepalai The Institute s Infectious Diseases Research, mengatakan bahwa infeksi telinga merupakan masalah yang bisa berakibat seumur hidup bagi anak-anak.

  • Sistem Imun Tubuh Menurun

Menghirup paparan asap rokok dapat mengurangi konsentrasi askorbat, antioksidan penting dalam darah, bahkan ketika jumlah paparan asap minimal. Di mana zat ini penting sekali untuk antibodi atau kekebalan tubuh. Tidak jarang para perokok pasif lebih mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya yang menurun.

Perokok pasif yang terpapar asap rokok harus meningkatkan konsumsi jumlah makanan yang kaya vitamin C agar kebutuhan akan sistem imun terpenuhi.

  • Bagi Ibu Hamil, Menghirup Asap Rokok Akan Mengganggu Kesehatannya dan Pertumbuhan Janin

Menurut babycenter.com, wanita hamil baik itu sebagai perokok aktif maupun perokok pasif memiliki risiko yang serius terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Beberapa risiko yang diakibatkan oleh paparan asap rokok diantaranya adalah keguguran, kelahiran prematur dengan berat badan lahir yang rendah, kematian mendadak ataupun risiko komplikasi yang terjadi selama kehamilan dan kelahiran.

  • Bisa Mengalami Kecanduan

Seorang perokok pasif lebih mungkin akan menjadi seorang perokok aktif. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang dapat mengakibatkan efek kecanduan bagi penghisapnya.

Nikotin mempengaruhi keseimbangan kimia pada otak, khususnya dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks. Ketika efek nikotin mulai bekerja, maka level mood dan konsentrasi pun akan berubah. Para perokok merasakan bahwa efek tersebut terasa nikmat dan menyenangkan. Hal ini juga secara tidak langsung juga akan dirasakan oleh para perokok pasif.

Tips Terhindar dari Asap Rokok

Terdapat beberapa tempat yang patut diwaspadai oleh perokok pasif. Langkah-langkah pencegahan bisa diterapkan pada tempat-tempat tersebut.

  1. Anda bisa meminta dengan sopan kepada perokok agar tidak merokok ketika bersama Anda. Jika hal itu tidak berhasil, Anda bisa menjauh agar tidak menghirup asap rokoknya.
  2. Membuat rumah terbebas dari asap rokok merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Larang siapa pun yang ingin merokok di dalam rumah.
  3. Asap rokok bisa ditemui di sejumlah tempat umum seperti bus, warung dan kafe. Jika Anda memutuskan untuk pergi ke tempat umum, usahakan untuk memilih tempat atau area non-smoking yang terbebas dari asap rokok. Beberapa restoran dan mal telah menetapkan peraturan larangan merokok di tempat umum dengan membuat tempat khusus bagi para perokok.

Baca Juga : Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan Dengan Susu || Cara Cepat Membakar Lemak Meskipun Sedang Dalam Keadaan Tidur

Nah, itulah informasi seputar bahaya kesehatan menjadi seorang perokok pasif serta beberapa cara agar terhindar dari asap rokok. Setelah memahami cara-cara tersebut, kini Anda lebih bisa menghindarkan keluarga dari efek buruk merokok pasif. Semoga bermanfaat.

| Bahaya Kesehatan Menjadi Seorang Perokok Pasif |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *