Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Tubuh kita memang ajaib. Salah satu kehebatannya yaitu bisa mengutarakan pada kita jika ada seseuatu yang tidak beres dengan cara kita hidup yakni dengan munculnya gejala. Begitu juga halnya jika tubuh kita kekurangan vitamin dan mineral. Ingin tahu apa saja Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral? simak informasinya dibawah ini.

Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral | Vitamin dan mineral adalah bagian terpenting yang dibutuhkan tubuh manusia. Dua nutrisi ini, bisa didapatkan dari diet sehat dan seimbang asupan makanan anda. Mengetahui kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh biasanya dilakukan melalui tes darah. Namun sebelum melakukannya anda bisa terlebih dahulu memeriksa anggota tubuh semisal mata, kulit atau kuku. Berikut ini tanda kurangnya asupan vitamin dan mineral yang bisa anda periksa melalui anggota tubuh :

  • Sudut Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Bila di sudut bibir muncul radang sehingga terasa kering dan pecah-pecah alias angular cheilitis ringan, bisa jadi anda kekurangan zat besi, seng, dan vitamin B seperti niasin (B3), riboflavin (B2), dan B12. Hal ini cukup umum terjadi pada anda yang vegetarian, karena terkadang anda mendapatkan cukup mineral besi dan seng, serta vitamin B12 dari makanan yang anda makan. Sama halnya jika menjalani diet yang membatasi asupan protein pembangun kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, cobalah lebih banyak mengkonsumsi ayam, salmon, tuna, telur, tiram, kerang, wijen, dan kacang-kacangan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, kamu perlu vitamin C, jadi kombinasikan makanan tersebut dengan sayur-sayuran seperti brokoli, paprika merah, kale, dan kembang kol.

  • Timbul Ruam Kemerahan Bersisik Di Sekitar Wajah

Munculnya ruam kemerahan di wajah alias dermatitis dan rambut rontok mungkin adalah gejala bahwa anda kekurangan biotin atau vitamin B7. Tubuh mudah menyimpan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, tetapi tidak bisa menyimpan sebagian besar vitamin B yang larut dalam air. Kebiasaan makan telur mentah juga bisa jadi penyebab ruam, karena protein yang terdapat pada telur mentah, avidin, menghambat penyerapan biotin.

Atasi defisiensi biotin dengan mengkonsumsi lebih banyak telur yang sudah dimasak, salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kedelai, dan pisang.

  • Muncul Benjolan Seperti Jerawat Di Sekitar Pipi, Lengan, Paha atau Bokong

Di daerah sekitar pipi, lengan, paha, atau bokong timbul benjolan serupa jerawat? Nah, itu berarti tubuh anda kekurangan asam lemak esensial seperti omega-3 serta vitamin A dan D. Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans, dan konsumsi lebih banyak lemak sehat.

Anda bisa menemukan asam lemak dari salmon, sarden, kacang-kacangan seperti walnut dan almond, serta biji-bijian seperti flax dan chia. Konsumsi pula sayur-sayuran yang mengandung beta karoten – seperti wortel, ubi jalar, dan paprika merah – karena beta karoten diperlukan tubuh untuk membentuk vitamin A.

Sementara untuk vitamin D, bila perlu anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung 2.000 IU untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harianmu, dan juga yang mengandung vitamin A dan K untuk membantu penyerapan vitamin D.

  • Sering Mengalami Kesemutan Dan Kebas Di Tangan / Kaki

Rasa sering kesemutan dan kebas di tangan, kaki, maupun bagian tubuh lainnya bisa jadi adalah gejala bahwa tubuhmu lagi membutuhkan asupan vitamin B seperti folat (B9), B6, dan B12. Gejala tersebut berhubungan dengan saraf perifer yang berakhir di kulit. Makanya, efeknya paling terasa di kulitmu. Tapi gak cuma itu, gejala ini juga bisa muncul bersama perasaan cemas, depresi, anemia, kelelahan, serta ketidakseimbangan hormon.

Untuk itu, atasi dengan mengkonsumsi bayam, asparagus, kacang-kacangan, telur, ayam, maupun makanan laut seperti gurita, kerang, tiram, dan remis.

  • Kram Otot Dengan Rasa Sakit Seperti Ditusuk-Tusuk

Sering mengalami kram otot yang menyakitkan di bagian jemari kaki, betis, telapak kaki, dan paha belakang? Jangan diremehkan. Ini adalah salah satu pertanda mudah bahwa tubuh kekurangan mineral-mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Jika kamu sering berolahraga berat, kamu bisa kehilangan lebih banyak mineral (serta vitamin B yang larut dalam air) lewat keringat.

Untuk mengatasinya, konsumsi lebih banyak buah pisang, almond, hazelnut, labu, ceri, apel, anggur, brokoli, bok choy (sejenis sawi putih), serta sayuran hijau seperti bayam, dan kale.

  • Kebiasaan BAB berubah

Kurangnya niasin berdampak pada kebiasaan buang air besar Anda. Masalah yang timbul di antaranya sembelit, diare, mual, dan muntah. Niasin bisa Anda temukan dalam daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan juga roti.

  • Mudah memar

Vitamin C mengandung kaya akan antioksidan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan sel dan mengakibatkan seseorang mudah memar. Faktor dari luar dipicu oleh polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet. Vitamin C mudah diperoleh pada buah jeruk, pepaya, paprika kuning, jambu, kale, dan stroberi.

  • Mudah merasa lelah

Kekurangan kalsium bisa mengakibatkan kelelahan, karena energi yang cenderung rendah. Untuk mencegah kelelahan secara terus-menerus, Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu, yoghurt, almon, dan buncis.

  • Mata bengkak

Saat bangun dan bercermin, Anda mungkin melihat mata Anda bengkak seperti habis menangis semalaman. Tahukah kalau mata bengkak merupakan tanda suplai yodium rendah di tubuh.

Sebuah studi di tahun 2006 menemukan hubungan antara asupan yodium dan penyakit tiroid — suatu kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan, mata mem bengkak. Tanda lain defisiensi yodium adalah kulit kering, penambahan berat badan dan kuku yang rapuh.

  • Kulit pucat

Kulit pucat bisa menjadi pertanda Anda membutuhkan asupan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini bisa menyebabkan kulit tak sehat dan meningkatkan rasa lelah.

Makanan yang bisa menyembuhkan: ikan salmon, daging merah, sereal fortifikasi, yogurt dan keju swiss.

  • Rambut Kering

Rambut kering bisa menjadi indikator Anda kekurangan vitamin B7 atau biotin. Kadar biotin yang rendah bisa menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis. Suplemen vitamin dapat membantu memperbaiki kualitas rambut dan bahkan pengobatan diabetes.

Makanan yang bisa menyembuhkan: Telur, kacang almond dan jenis kacang-kacangan lain seperti kacang polong dan lainnya.

  • Bibir pucat

Bibir pucat ditambah kulit yang juga pucat menjadi salah satu Anda mengalami anemia dan Anda membutuhkan lebih banyak zat besi dalam makanan. Selain itu, lebih sering mengalami demam dan pilek juga menjadi tanda kadar zat besi dalam tubuh yang rendah–kekurangan zat besi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang dianjurkan: Daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap dan sereal fortifikasi.

  • Gusi sering berdarah

Gusi yang sering berdarah bisa menjadi tanda kadar vitamin C dalam tubuh rendah. Kekurangan vitamin C terus menerus bahkan bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit kudis. Gejala kudis antara lain mudah memar, mudah mengalami pendarahan dan nyeri sendi serta otot.

Makanan yang dianjurkan: jeruk termasuk grapefruit, paprika merah, kale, brokoli, stroberi.

Baca Juga : Makanan Untuk Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh || Lari Maraton Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Itu dia Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral. Kekurangan vitamin dan mineral memang tidak sampai menimbulkan penyakit yang serius. Tapi, kekurangan vitamin dan mineral bisa mengganggu fungsi tubuh, karena zat gizi ini merupakan salah satu faktor yang mengaktifkan enzim-enzim tertentu dalam tubuh. Jadi meski mereka sederhana, jangan sekali-kali anda meremehkannya. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Gejala Yang Muncul Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *