Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson Berikut Ini

Gejala awal penyakit parkinson biasanya tidak disadari oleh penderita dan orang-orang terdekat penderita.Sehingga penderita parkinson baru mendapatkan perawatan ketika penyakit sudah bertambah parah. Untuk meminimalisir hal tersebut, Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson Berikut Ini

Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson Berikut Ini

Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson Berikut Ini | Bila menyebut parkinson, ingatan banyak orang akan tertuju pada petinju legendaris Muhammad Ali yang meninggal dunia pada usia 74 tahun. Selama lebih dari 30 tahun Ali hidup dengan penyakit ini. Apa sih sebenarnya parkinson?

Parkinson adalah suatu kemunduran dari sistem syaraf pusat yang sering merusak kemampuan motorik dan kemampuan berbicara penderitanya. Parkinson memiliki ciri-ciri kondisi kekacauan gerakan yang sering ditandai oleh kekakuan otot, gemetaran, gerakan fisik yang lambat bahkan sampai hilangnya gerakan fisik (akinesia).

Gejala penyakit Parkinson sudah diketahui sejak lama, tetapi gejala tersebut baru diteliti dan di dokumentasikan dalam buku yang berjudul An Essay on The Shaking Palsy oleh ahli jiwa James Parkinson pada tahun 1817 sebagai kelumpuhan gerak. James Parkinson sendiri menggunakan istilah paralis agitans atau shaking palsy, dan baru pada tahun 1887 dinamakan penyakit Parkinson oleh Jean Martin Charcot.

Gejala awal penyakit Parkinson ini sulit dikenali. Tapi yang pasti orang yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala gangguan neurodegenerative. Neurodegenerative adalah istilah umum yang dipakai untuk hilangnya progresif struktur atau fungsi neuron, termasuk kematian neuron. Proses tersebut mulai secara bertahap dan bertambah buruk dari waktu ke waktu. Terlepas dari mempengaruhi otak, Parkinson juga dapat mempengaruhi seluruh tubuh.

Menurut National Institutes of Health, sekitar 60.000 orang di AS yang didiagnosis terkena penyakit Parkinson setiap tahun. Dalam beberapa kasus, Parkinson merupakan penyakit yang disebabkan karena faktor genetic, tetapi dalam banyak kasus gangguan tersebut terjadi bukan karena faktor turun-temurun. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa paparan bahan kimia di lingkungan juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Kebanyakan orang mulai mengalami gejala penyakit Parkinson ketika usia mereka memasuki 50 tahun. Tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun.

Berikut ini adalah gejala-gejala awal dari penyakit Parkinson, menurut National Parkinson Foundation. Anda dianjurkan untuk segera pergi ke dokter jika mengalami lebih dari satu gejala.

  • Gemetar (tremor)

40% penyandang Parkinson mengalami inner tremor (rasa gemetar di dalam tubuh) sebelum gejala tremor tersebut dapat dikenali. Pada lengan atau tangan, gemetar terjadi pada saat diam atau menahan posisi tertentu, tulisan menjadi tidak rata serta jari dan tangan bergetar ketika berjalan. Sementara pada kaki terjadi saat kaki sedang diam menggantung. Gemetar pada kepala jarang terlihat namun biasanya dapat dideteksi ketika bibir dan dagu bergetar seperti mengunyah.

Baca Juga : Kesalahan Dalam Pertolongan Pertama Yang Mengancam Nyawa

  • Kekakuan Sendi

Kekakuan sendi dapat dikenali dengan leher yang susah menoleh, susah menelan dan suara mengecil. Kemudian pada lengan menyebabkan tulisan mengecil, ayunan lengan waktu berjalan berkurang dan merasa kaku. Sementara kekakuan sendi pada badan menyebabkan sulit bangkit dari tidur atau duduk, badan membungkuk ketika berdiri dan berjalan. Selain itu langkah kaki ketika berjalan menjadi lebih pendek dan kaki seperti diseret karena timbulnya rasa lemah ketika sedang berjalan.

  • Melambatnya seluruh gerak

Gerakan tubuh yang melambat bisa dikenali pada mata yang jarang berkedip, mimik muka yang tidak menunjukkan ekspresi, liur menetes dan makan yang lama. Selain itu gerakannya juga menjadi lambat saat melakukan berbagai kegiatan seperti memakai baju, mandi, cuci tangan dan gosok gigi. Penderita parkinson juga biasanya jarang berbalik ketika sedang tidur dan sulit melangkah saat sedang berjalan bahkan bisa berhenti mendadak saat sedang berjalan. Ketika ingin berbalik arah pun harus melakukan gerakan memutar.

  • Gangguan postur tubuh

Gangguan ini muncul pada keadaan yang lebih lanjut dan mengakibatkan penderita parkinson mudah terjatuh, sering terjerembab ke depan, sulit untuk memutar, terjengkang ke belakang hingga kemudian harus menggunakan kursi roda.

Baca Juga : Gejala Diabetes Pada Anak

Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson Berikut Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *