Kenali Tanda Si Kecil Menderita Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami orang Indonesia. Biasanya anda mengenal penyakit ini sebagai penyakit orang tua, tetapi sebanarnya anak kecil juga bisa mengalami penyakit ini.Untuk itu, ketahui Kenali Tanda Si Kecil Menderita Penyakit Diabetes.

Kenali Tanda Si Kecil Menderita Penyakit Diabetes

Kenali Tanda Si Kecil Menderita Penyakit Diabetes | Diabetes merupakan keadaan dimana tubuh anda gagal untuk menghasilkan insulin atau menyerap insulin. Kedua hal ini akan meningkatkan kadar gula didalam darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Saat ini jumlah penderita diabetes meningkat secara drastis. Bahkan anak-anak pun dapat terserang penyakit ini. Sebagian besar anak-anak menderita diabetes tipe 1 yang dapat berubah menjadi diabetes tipe 2 apabila tidak terdeteksi gejalanya secara dini. Untuk itu, berikut kami uraikan tanda-tanda diabetes pada anak :

  • Rasa haus meningkat dan lebih sering buang air kecil

Karena kadar gula darah dalam tubuh anak meningkat, tubuh akan meresponnya dengan cara menghilangkan glukosa ekstra melalui ginjal. Hal ini membuat anak lebih sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Karena banyak cairan yang dikeluarkan dari tubuh, kemudian anak akan merasa sering haus. Minum dalam jumlah banyak dapat membantu anak dengan diabetes untuk menjaga kadar air dalam tubuhnya.

  • Anak sering merasa kelaparan

Karena tubuh anak tidak menghasilkan insulin yang cukup, akibatnya glukosa atau gula dari makanan yang masuk ke tubuh anak tidak mampu diserap tubuh secara keseluruhan. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh anak, seperti sel di otot dan organ anak, akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitasnya. Akibatnya, anak lebih sering merasa kelaparan.

  • Kehilangan berat badan

Walaupun anak mungkin akan makan lebih banyak karena mereka lebih sering merasa lapar, namun berat badan anak akan menurun (bisa terjadi dalam waktu singkat). Tubuh yang tidak dapat menyerap gula darah yang ada dalam tubuh membuat jaringan otot dan cadangan lemak menyusut, sehingga terjadi penurunan berat badan pada anak. Penurunan berat badan biasanya menjadi tanda pertama anak mempunyai diabetes tipe 1.

Baca Juga : Ruang Terbuka Hijau Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

  • Kelelahan

Tubuh yang tidak dapat menyerap gula dari makanan membuat tubuh kekurangan energi. Karena sel-sel dalam tubuh anak tidak mendapatkan energi yang cukup, maka anak bisa mengalami kelelahan dan anak terlihat lesu.

  • Anak menjadi cepat marah

Tidak hanya masalah pada fisiknya, anak juga menunjukkan gejala pada mentalnya. Anak dengan diabetes tipe 1 yang tidak diketahui, dapat tiba-tiba marah atau murung.

  • Infeksi jamur

Anak perempuan yang belum pubertas dan menderita diabetes tipe 1 mungkin memiliki infeksi jamur pada vaginanya. Bayi dengan diabetes tipe 1 juga dapat mengalami ruam popok karena jamur.

Jika gejala-gejala diabetes tipe 1 pada anak tidak segera dikenali, anak bisa mengalami sakit perut, mual, muntah, bau mulut, kesulitan bernapas, dan bahkan kehilangan kesadaran. Hal ini terjadi karena zat keton terbentuk dalam tubuh. Kondisi ini biasa disebut dengan ketoasidosis.

Baca Juga : Kesalahan Dalam Pertolongan Pertama Yang Mengancam Nyawa

Apakah Anda menemukan gejala tersebut di dalam tubuh buah hati Anda? Jika Anda menemukannya, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter.

Kenali Tanda Si Kecil Menderita Penyakit Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *