Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria

Sebuah strudi menemukah bahwa Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria serta menyebabkan gejala kecemasan. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria

Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria | Pria yang mengonsumsi lebih banyak gula tambahan dalam minuman, kue, dan permen, berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, demikian menurut studi terbaru. Pria yang mengonsumsi lebih dari 67 gram gula setiap hari, akan meningkatkan risiko depresi dan kecemasan. Menurut peneliti, 67 gram gula setara dengan dua kaleng minuman bersoda.

Tim peneliti membandingkan konsumsi gula dengan tingkat gangguan mental umum di lebih dari 5.000 pria dan 2.000 wanita antara tahun 1983 dan 2013. Peserta ditempatkan dalam tiga kelompok sesuai dengan asupan gula harian mereka.

Setelah lima tahun, mereka menemukan bahwa pria di kelompok teratas mengonsumsi lebih dari 67 gram gula per hari dan 23 persen lebih, mungkin mengalami gangguan mental yang umum seperti depresi dan kecemasan dibandingkan kelompok yang lainnya.

Diet gula tinggi memiliki sejumlah pengaruh terhadap kesehatan kita. Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa ada kaitan antara gangguan gula dengan suasana hati, terutama di kalangan pria,” ujar Peneliti Utama Dr Anika Knuppel dari University College London’s Institute of Epidemiology and Health, seperti dilansir dari laman Deccan Chronicle.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang dewasa Inggris mengonsumsi kira-kira dua kali lipat tingkat gula tambahan yang direkomendasikan. Tiga perempatnya berasal dari makanan dan minuman manis. Dr Knuppel menyatakan bahwa makanan manis telah ditemukan untuk menimbulkan perasaan positif dalam jangka pendek.

Orang yang mengalami mood rendah, bisa mengonsumsi makanan bergula dengan harapan bisa mengurangi perasaan negatif. Studi tersebut menunjukkan bahwa asupan makanan manis yang tinggi cenderung memiliki efek sebaliknya pada kesehatan mental dalam jangka panjang.

Yang lebih mengejutkan, efeknya justru kurang terhadap wanita yang memiliki hubungan emosional yang jauh lebih tinggi dengan makanan,” katanya.

Rob Howard dari UCL mengatakan bahwa penelitian ini penting karena ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa peningkatan risiko sekitar seperempat dari gangguan mental umum, kebanyakan merupakan kecemasan dan depresi ringan, pada pria yang mengonsumsi lebih banyak gula. Hasilnya muncul dalam jurnal Scientific Reports.

Penelitian ini semakin menambah bukti-bukti bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tambahan yang tinggi tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan fisik, tetapi juga bagi kesehatan mental kita. Sekian mengenai Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda.

Baca Juga : Yang Harus Dilakukan Pria Untuk Jaga Kesehatan Prostat | Olahraga Ini Ampuh Cegah Ejakulasi Dini Pada Pria

Konsumsi Gula Berlebih Tingkatkan Risiko Depresi Pada Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *