Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh

Makanan berkalori tinggi memang kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Namun ternyata ada beberapa Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh yang harus dikonsumsi. Apa saja? simak selengkapnya dibawah ini.

Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh

Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh | Dalam menjalankan konsep pola makan sehat, menghitung kalori bukanlah segalanya. Makanan-makanan di bawah ini mengandung kalori yang cukup tinggi, tetapi nilai gizi yang ada di dalamnya membuat mereka tetap layak anda konsumsi, berikut diantaranya :

  • Kacang pistaschio

Kacang-kacangan mendapat reputasi buruk karena total kandungan lemak di dalamnya,” kata Erin Palinski-Wade, RD, penulis Belly Fat for Dummies.

Namun, ilmu pengetahuan juga menunjukkan bahwa lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak yang penting untuk kesehatan. Hampir 90 persen lemak dalam kacang pistachio berasal dari lemak tak jenuh. Hal ini menjadikan kacang pistachio sebagai salah satu kacang yang rendah kalori.

Sebagai sumber protein dan serat, pistachio dapat membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Ditambah lagi, penelitian menunjukkan bahwa 1,5 ons kacang per hari, dipadukan dengan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, kata Palinski-Wade, dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Kismis

Beberapa orang takut makan kismis karena kandungan kalori dan gulanya. Namun, Palinski-Wade mengatakan, kismis adalah pilihan yang pintar untuk camilan, dan tidak mengandung gula tambahan.

Penelitian baru menunjukkan bahwa kismis dapat menjadi makanan ringan yang sangat baik untuk semua orang, termasuk orang-orang dengan diabetes tipe-2 (kelompok yang biasanya berpikir mereka harus menghindari buah kering).

Konsumsi kismis secara teratur menunjukkan dampak positif pada kadar glukosa dan tekanan darah sistolik pasca-makan,” kata Palinski-Wade.

Hanya, pastikan untuk tidak memakannya dalam jumlah yang berlebihan. Sekitar dua sendok makan sekali konsumsi sudah cukup.

  • Tepung kelapa

Tepung kelapa memang memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi daripada tepung lainnya (seperempat cangkir mengandung sekitar 120 kalori). Namun, dalam takaran yang sama, tepung kelapa juga mengandung empat gram protein dan 10 gram serat. Artinya, tepung kelapa cenderung tidak meningkatkan kadar gula darah setinggi tepung lainnya. Selain itu, protein, serat, dan lemak sehat di dalam tepung kelapa akan membantu Anda kenyang lebih lama.

Tidak mengapa jika Anda ingin makan satu atau dua keping kue dari tepung kelapa, terutama, kata Palinski-Wade, bagi mereka yang membutuhkan camilan bebas gluten.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung dan merupakan sumber antioksidan,” kata Palinski-Wade.

Menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan Anda dapat membantu penyerapan nutrisi tertentu, seperti vitamin A dan D. Satu sendok makan minyak zaitun per hari adalah takaran yang direkomendasikan.

  • Cokelat hitam

Satu ons cokelat hitam (70 persen kakao) mengandung sekitar 160 kalori, dan padat akan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan Anda,” ujar Palinski-Wade.

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, asalkan dikonsumsi dalam jumlah moderat, yaitu satu ons per hari.

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh, antioksidan dan beta caroten yang mendukung kesehatan memori, menurunkan kadar lemak jahat dan mencegah penyakit jantung. Coba konsumsi setengah porsi buah ini setiap hari demi mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.

Baca Juga : Dampak Dari Kebiasaan Lansung Tidur Setelah Sahur

Nah itulah sederet Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh yang bisa anda konsumsi meskipun berkalori tinggi. Semoga bermanfaat..

| Makanan Yang Tinggi Kalori Tetapi Menyehatkan Tubuh |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *