Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol

Minum alkohol bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Salah satu bagian tubuh yang terpengaruh akibat konsumsi alkohol adalah kulit. Ketahui apa saja Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol

Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol

Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol | Mengkonsumsi alkohol nampaknya telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat. Meskipun telah banyak yang mengetahui bahaya konsumsi alkohol bagi kesehatan tubuh, akan tetapi belum banyak yang tahu akibat konsumsi alkohol bagi kesehatan kulit. Mengkonsumsi alkohol juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit, bahkan mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan munculnya beberapa jenis gangguan kulit.

Sebagai minuman yang berasal dari hasil fermentasi, alkohol memiliki berbagai kandungan zat yang berbahaya jika dikonsumsi. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Alkohol bahkan tidak hanya menyebabkan satu jenis gangguan kulit saja, melainkan ada lebih dari satu masalah kulit yang timbul akibat alkohol ini. Berikut diantaranya :

  • Kulit merah dan berjerawat

Segera setelah minum sejumlah besar alkohol, kulit di wajah dan tubuh cenderung memerah dan bahkan mungkin memicu munculnya jerawat. Hal ini disebabkan karena alkohol membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan permukaan kulit menjadi merah, bahkan berjerawat.

  • Kulit kering

Alkohol juga menyebabkan dehidrasi yang pada gilirannya membuat kulit menjadi kering. Alkohol dapat memperburuk kondisi seseorang yang sudah menderita masalah kulit kering seperti eksim dan psoriasis.

  • Rosacea

Rosacea merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan bercak merah muda pada wajah, pembuluh darah rusak, dan benjolan pada kulit. Konsumsi alkohol akan memperburuk kondisi ini. Cara termudah memerangi rosacea adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol.

  • Kulit pucat

Sementara sebagian orang mengalami kulit merah setelah minum alkohol terlalu banyak, sebagian yang lain justru mengalami kulit pucat. Kulit pucat membuat kesegaran kulit menjadi pudar sehingga mengganggu penampilan.

  • Jerawat

Fungsi hati akan menurun akibat konsumsi alkohol dalam jumlah besar. Hati yang tidak bekerja optimal akan mengakibatkan penumpukan racun dalam tubuh. Tubuh yang kesulitan membuang racun pada akhirnya memicu timbulnya jerawat di seluruh tubuh.

  • Keriput dan garis halus pada wajah

Kulit yang tidak sehat akan membuatnya rentan mengalami keriput dan garis-garis halus. Singkatnya, minum alkohol terlalu banyak dapat memicu penuaan dini dan menghilangkan kesegaran kulit.

  • Kulit iritasi

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kulit iritasi. Rusaknya kapiler dan pembuluh darah yang terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol sangat rentan mengalami iritasi kulit.

  • Menyebabkan munculnya lingkaran hitam di area mata

Kekeringan yang terjadi akibat hilangnya vitamin A pada kulit, sangat rentan terkena radikal bebas dan menyebabkan gangguan kulit lainnya termasuk menyebabkan munculnya lingkaran hitam di area mata.

Nah itulah sederet Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol. Untuk itu jangan biarkan diri anda menderita berbagai gangguan kulit diatas hanya karena mengkonsumsi alkohol. Namun jika anda telah terlanjur mengkonsumsi alkohol, bahkan jika telah menjadi pecandu, segera hilangkan kebiasaan buruk ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Kenali Tanda Kadar Gula Dalam Darah Meningkat | Kebiasaan Buruk Pria Yang Dapat Sebabkan Impotensi.

| Masalah Kulit Yang Diakibatkan Dari Konsumsi Alkohol |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *