Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

Cari tahu bagaimana cara Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin, yang merupakan salah satu penyakit yang menyerang alat kelamin.

Selamat datang kembali di halaman Tricajus Obat Herbal yang tak lain adalah salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal berkhasiat yang terbukti ampuh dalam mengobati segala jenis penyakit baik itu penyakit ringan sampai penyakit berat. Seperti biasanya, kami tidak hanya memberikan informasi mengenai pengobatan, karena kami juga selalu memberikan info prnting dan menarik seputar dunia kesehatan. Nah, di kesempatan ini informasi yang akan kami bagikan adalah mengenai Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin, untuk itu simak saja langsung informasinya berikut ini.

pengobatan-dan-pencegahan-penyakit-kutil-kelamin

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin — Kutil kelamin adalah salah satu penyakit seksual yang bisa menular. Hal ini disebabkan karena kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Penularan dari penyakit ini terjadi melalui kontak virus melalui kulit dengan kulit ketika aktivitas seksual terjadi. Seseorang terserang penyakit ini apabila didalam aktivitas seksual tersebut salah satunya sudah terjangkit penyakit kutil kelamin ini.

Karena penyakit ini menular, maka penyakit ini sangat rentan menyerang siapa saja. Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit tersebut adalah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak jelas riwayat seksualnya seperti apa, apakah dia suka gonta ganti pasangan atau tidak, dan juga sudah melakukan aktivitas seksual sejak usia remaja. Penularan dari penyakit kutil kelamin ini juga terjadi melalui sex toys yang sudah tertular virus kutil kelamin.

Gejala Kutil Kelamin

Sering kali kutil yang tumbuh pada area kelamin berukuran sangat kecil dan datar sehingga sulit terlihat dengan kasat mata. Mereka yang terkena kutil kelamin biasanya akan merasa tidak nyaman dan gatal di sekitar bagian area genitalnya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terutama dalam kehidupan seksual penderitanya. Penetrasi yang terjadi saat berhubungan badan dapat menyebabkan kutil berdarah.

Jika dilihat lebih saksama, bentuk kutil kelamin yang kecil menyerupai benjolan-benjolan berwarna kemerahan atau abu-abu. Beberapa bintik kutil kelamin ada yang tumbuh secara berdekatan dan terlihat seperti kembang kol. Bahkan bintik kutil kelamin bisa bertambah banyak dan membentuk kelompok-kelompok yang lebih besar.

Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung zakar
  • Selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Sekitar atau di dalam anus
  • Di dalam uretra

Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Vulva
  • Anus
  • Daerah antara kelamin dan anus
  • Leher rahim
  • Paha bagian atas

Selain pada alat vital dan daerah di sekitarnya, kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut atau tenggorokan. Biasanya kondisi ini ditularkan melalui seks oral.

Pengobatan Kutil Kelamin

Secara umum, metode pengobatan kutil kelamin dibagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan obat-obatan topikaldan melalui prosedur ablasi.Obat topikal biasanya diperuntukan kutil kelamin yang lunak dan tidak tumbuh menyebar. Sebaliknya, prosedur ablasi direkomendasikan pada pasien yang kutil kelaminnya tidak merespons obat topikal dan tumbuh menyebar.Selain itu, prosedur ablasi akan dijadikan pilihan utama apabila pasien sedang hamil karena sejumlah produk obat topikal memiliki efek samping yang membahayakan janin.

Pengobatan topikal adalah pengobatan dengan mengoleskan obat berbentuk salep, krim, atau cairan yang mengandung zat tertentu pada bagian yang terinfeksi dengan tujuan membunuh sel kutil atau merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Obat topikal untuk kutil kelamin berbeda dengan obat topikal yang diperuntukan kutil biasa. Hindari menggunakan obat kutil biasa untuk kutil kelamin karena dapat makin mengiritasi area kelamin yang memiliki jaringan yang lebih lembab dan lunak, serta makin menimbulkan rasa sakit.

Sebaiknya temui dokter jika Anda merasakan gejala kutil kelamin (misalnya gatal, nyeri, dan panas pada area kelamin) agar mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa jenis obat topikal yang diperuntukkan kutil kelamin, di antaranya:

  • Asam trikloroasetat. Obat ini berfungsi membakar sel-sel kutil. Setelah mengoleskan asam trikloroasetat, biasanya Anda akan merasakan hawa panas pada kulit untuk sesaat. Tidak dianjurkan untuk memakai obat ini tanpa pengawasan dokter karena jika penerapannya salah, bisa berakibat kepada kerusakan kulit Anda. Asam trikloroasetat biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengobati kutil berukuran kecil, namun bertekstur keras. Obat ini aman digunakan oleh wanita yang sedang hamil.
  • Podophyllotoxin. Obat yang bekerja dengan cara meracuni sel-sel kutil ini biasanya diresepkan untuk mengobati kutil kelamin berukuran kecil dan berkelompok. Podophyllotoxin tidak disarankan diberikan kepada ibu hamil. Penggunaan podophyllotoxin diatur berdasarkan siklus. Satu siklus berisikan pemberian podophyllotoxin sebanyak dua kali sehari selama tiga hari berturut-turut dan dilanjutkan dengan empat hari tanpa obat. Biasanya dokter akan menyarankan penggunaan obat ini sampai lima siklus.
  • Imiquimod. Obat ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi kutil. Imiquimod tersedia dalam bentuk krim dan biasanya direkomendasikan untuk mengobati kutil yang berukuran besar. Namun obat ini tidak disarankan bagi wanita yang sedang hamil. Efek samping penggunaan imiquimod adalah iritasi ringan pada kulit.

Pengobatan kutil kelamin dengan prosedur ablasi

Berikut ini empat teknik utama pengobatan kutil kelamin dalam prosedur ablasi, di antaranya:

  • Eksisi. Pada metode eksisi, kutil akan dipotong dan dibuang. Selanjutnya, luka pada kulit akan dijahit. Sebelum prosedur ini dilakukan, dokter akan memberikan pasien bius lokal pada area yang terinfeksi kutil. Efek samping eksisi adalah bekas luka yang ditimbulkan setelah sembuh. Oleh karena itu metode ini hanya untuk mengatasi kutil yang berkelompok dalam skala kecil, bukan besar.
  • Bedah listrik. Metode ini biasanya dikombinasikan dengan eksisi. Setelah eksisi memotong permukaan kutil, maka sisa-sisa jaringan kutil yang masih ada akan dibakar oleh kawat yang panas. Hawa panas timbul karena kawat dialiri listrik. Metode bedah listrik biasanya diterapkan untuk menghilangkan kutil di bagian vulva dan anus.
  • Cryotherapy. Ini merupakan metode pelepasan kutil dengan cara dibekukan menggunakan cairan nitrogen. Cryotherapy biasanya harus dilakukan secara berkala hingga kutil hilang tanpa sisa dan tertutup oleh kulit baru. Metode ini diterapkan untuk menghilangkan kelompok kutil kecil yang terdapat di penis dan di sekitar vulva. Selama menjalani cryotherapy, hindari berhubungan seksual hingga kutil dan area kulit di sekitarnya benar-benar sembuh. Efek samping metode ini bisa berupa nyeri, iritasi, dan area kulit yang diobati akan melepuh.
  • Bedah laser. Sesuai dengan namanya, metode ini menggunakan energi laser untuk membakar dan menghilangkan kutil. Bedah laser biasanya dilakukan sebagai pilihan terakhir ketika metode ablasi lainnya tidak dapat mengobati kutil kelamin yang ukurannya besar dan letaknya sulit dijangkau (misalnya di dalam uretra atau anus). Efek samping prosedur ini bisa berupa iritasi dan rasa nyeri untuk beberapa minggu.

Selama menjalani pengobatan kutil kelamin, Anda disarankan untuk tidak menggunakan losion, busa mandi, atau sabun yang mengandung parfum karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA >> Obat Kutil Kelamin Herbal

Pencegahan Kutil Kelamin

Menahan keinginan diri untuk melakukan hubungan seksual merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan kutil kelamin. Namun jika Anda tidak mampu melakukannya, terlebih lagi jika Anda berada dalam usia yang aktif secara seksual, penggunaan kondom bisa dijadikan langkah pencegahan penularan.

Meski tidak sepenuhnya efektif dalam melindungi Anda dari penyakit ini karena masih ada bagian kulit yang dapat terpapar, setidaknya pemakaian kondom bisa meminimalkan risiko terkena kutil kelamin dan melindungi Anda dari penyakit seksual menular lainnya. Selain menggunakan kondom, Anda juga disarankan untuk tidak berbagi sex toys atau menggunakan alat bantu seks yang kondisinya tidak steril.

Cara terakhir untuk mencegah kutil kelamin adalah melalui pemberian vaksin virus HPV penyebab kutil kelamin. Vaksin sebaiknya diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual agar hasilnya efektif. Untuk anak laki-laki, vaksinasi bisa dilakukan di usia 12 tahun, sedangkan untuk anak perempuan di usia 11 tahun.

Bagi mereka yang belum pernah mendapatkan vaksinasi HPV kutil kelamin di usia tersebut, bisa menyusul secepatnya. Untuk laki-laki, vaksinasi disarankan diberikan sekitar usia 21 tahun, sedangkan untuk perempuan sampai sekitar 26 tahun.

Efek samping vaksinasi HPV kutil kelamin, di antaranya:

  • Flu ringan
  • Demam ringan
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Nyeri di bagian yang disuntik

Menurut riset, pemberian vaksin HPV kutil kelamin di usia kurang dari 21 tahun atau di umur 21-30 tahun bisa menurunkan risiko sebesar 50 persen untuk terkena penyakit tersebut.

Nah itu dia informasi mengenai penyakit kutil kelamin yang meliputi gejala, Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin yang dapat kami kutif berdasarkan dari beberapa sumber. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *