Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara

Fungsi utama dari alat kontrasepsi adalah untuk menghindari kehamilan yang tak diinginkan. Namun, menurut sebuah studi menjelaskan bahwa ternyata Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara

Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara

Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara | Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dalam The Telegraph, menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB, 50 persen lebih mungkin terkena kanker payudara daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Menurut penelitian, pil KB mengandung hormon estrogen yang mampu melipatgandakan risiko kanker payudara pada wanita.

Dosis tinggi hormon estrogen yang biasanya ditemukan dalam sejumlah pil KB mampu meningkatkan risiko kanker payudara, sementara bentuk lain dari kontrasepsi, yang kandungan hormon estrogennya rendah tidak meningkatkan risiko kanker sama sekali.

Penelitian ini dilakukan pada 1.102 wanita berusia 20-49 tahun, yang didiagnosis kanker payudara dan sekelompok wanita yang tidak menggunakan pil KB.

Wanita yang mengonsumsi pil KB kira-kira selama setahun, 50 persen lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakannya atau memilih berhenti lebih dari satu tahun sebelumnya.

Penelitian ini mengamati jenis gabungan pil KB yang digunakan wanita dan disimpulkan bahwa semakin tinggi dosis estrogen, semakin besar risiko kanker payudara.

Penemuan ini juga sudah dipublikasikan Cancer Research Journal.

Dr Elisabeth Beaber, seorang ilmuwan dari The Public Health Sciences Division of Fred Hutchinson Cancer Research Center in Seattle mengatakan :

Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penggunaan kontrasepsi oral kontemporer dalam satu tahun terakhir besar kaitannya dengan risiko kanker payudara. Risiko ini dapat berbeda menurut formulasi kontrasepsi oral. Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peningkatan risiko yang terkait dengan penggunaan kontrasepsi oral menurun setelah penghentian kontrasepsi oral. “

Pada kesempatan lain, Dr Caroline Dalton, Senior Policy Officer at Breakthrough Breast Cancer mengatakan,

Penelitian sebelumnya di daerah ini telah menemukan hasil yang sama dalam hal peningkatan risiko kanker payudara oleh pil KB. Namun dari data penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan pilihan dosis tinggi dan rendah. Para peneliti menyatakan bahwa temuan ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut, untuk menemukan ada atau tidak pil baru dosis rendah yang terkait dengan risiko yang sama dengan formulasi dosis lebih tinggi, yang sering digunakan di masa lalu.”

Menurut Dalton, sepuluh tahun setelah berhenti menggunakan pil KB, peningkatan risiko akan menghilang dan hitungan risiko mantan penggunanya akan sama dengan mereka yang tak pernah menggunakan pil KB sebelumnya.

Kami akan menyarankan wanita untuk menghentikan penggunaan pil KB dan berbicara dengan dokter mereka sebelum memutuskan untuk menggunakan pil KB,” ujarnya.

Berbeda dengan saran-saran sebelumnya, Sarah Williams, staf informasi kesehatan senior di Cancer Research UK mengatakan,

Wanita sebaiknya tidak boleh berhenti minum pil KB berdasarkan penelitian ini. Kanker payudara tidak bisa dikesampingkan dari faktor-faktor lainnya, seperti riwayat keluarga kanker payudara dalam keluarga.”

Ia menambahkan,

Pil ini sudah dikenal memiliki efek pada beberapa kanker yang berbeda, seperti payudara dan kanker serviks.Tetapi risiko itu kembali turun dalam waktu 10 tahun, ketika seseorang berhenti menggunakannya.”

Demikianlah informasi yang menjelaskan bahwa ternyata Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Terus kunjungi situs resmi agen obat tricajus ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Baca Juga : Efek Samping Pil KB Yang Mungkin Terjadi || Aturan Tepat Konsumsi Obat Antibiotik.

| Pil KB Dapat Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Payudara |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *