Rajin Makan Ikan Tongkol Bisa Cegah Darah Tinggi Hingga Stroke

Indonesia sedang mempromosikan budaya makan ikan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dari sekian banyak jenis ikan, mungkin anda perlu mengkonsumsi tongkol. Karena ternyata Rajin Makan Ikan Tongkol Bisa Cegah Darah Tinggi Hingga Stroke. Simak penjelasannya dibawah ini.

Rajin Makan Ikan Tongkol Bisa Cegah Darah Tinggi Hingga Stroke

Rajin Makan Ikan Tongkol Bisa Cegah Darah Tinggi Hingga Stroke | Pemerintah sedang gencar-gencarnya mempromosikan kebiasaan makan ikan, ikan juga dikenal luas sebagai bahan makanan yang bergizi. Salah satu dari jenis ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumi adalah ikan tongkol.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ikan tongkol kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang memiliki sifat anti peradangan. Selain itu, asam lemak ini juga mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Kita juga bisa menemukan kandungan lain layaknya potassium dan vasodilator yang baik bagi kesehatan kardiovaskular. Dibawah ini kami uraikan manfaat dari ikan tongkol untuk kesehatan :

  • Tekanan darah

Kombinasi asam lemak omega-3 bersifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi tekanan darah, bersamaan dengan potassium, vasodilator, membuat ikan tongkol sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan dengan menurunkan tekanan darah pada sistem kardiovaskular. Hal ini akan membantu mencegah serangan jantung dan stroke, serta kondisi aterosklerosis yang bisa menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan.

  • Penurunan berat badan sekaligus mencegah obesitas

Obesitas adalah salah satu kondisi yang paling meresahkan, tetapi terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Syukurlah, ikan tongkol rendah kalori, namun sarat dengan nutrisi dan protein yang bermanfaat. Selanjutnya, asam lemak omega-3 pada ikan tongkol merangsang hormon yang disebut leptin. Hormon ini menyeimbangkan asupan makanan tubuh dengan keinginan untuk makan lebih banyak. Hal ini dapat memastikan bahwa tubuh Anda mengonsumsi apa yang dibutuhkan.

  • Sirkulasi darah

Banyak orang beralih ke ikan tongkol karena sangat bermanfaat bagi jantung. Namun, orang sering lupa bahwa ikan tongkol juga baik untuk darah.

Ikan tongkol adalah sumber zat besi, bersama dengan vitamin B yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Tanpa zat besi, orang berisiko anemia, dan darah mereka tidak mampu mengoksigenkan ekstremitas tubuh atau sistem organ vital yang membutuhkan oksigen segar agar berfungsi dengan benar.

  • Mengurangi peradangan

Dengan mengurangi radang tubuh berkat kolesterol sehat dan antiinflamasi, ikan tongkol dapat menjaga tingkat stres keseluruhan tetap rendah. Pengurangan peradangan di seluruh tubuh membantu semua sistem organ dengan tidak mengalihkan sumber daya dari fungsi pentingnya. Hal ini juga membantu mencegah penyakit peradangan, seperti arthritis dan asam urat.

  • Kesehatan jantung

Mungkin manfaat kesehatan paling umum yang dikaitkan dengan ikan tongkol adalah dampaknya terhadap jantung. Dalam mengurangi penyakit jantung koroner, ikan tongkol memiliki kadar asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, mengurangi asam lemak oemga-6 dan kolesterol di arteri dan pembuluh darah.

Mengingat ikan tongkol termasuk dalam ikan yang memiliki rasa yang enak, tak perlu ragu lagi untuk rutin mengkonsumsinya demi tubuh yang semakin sehat. Sekian mengenai manfaat ikan tongkol, semoga bermanfaat.

Baca Juga >> Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan | Alasan Mengapa Penderita Autis Cenderung Lebih Cerdas

Rajin Makan Ikan Tongkol Bisa Cegah Darah Tinggi Hingga Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *