Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah

Sperma yang sehat dan berkuantitas banyak sangat dibutuhkan bagi para pria yang ingin memiliki keturunan. Sebab jumlah sperma yang terlalu sedikit serta encer, bisa mnyulitkan usaha untk mendapatkan buah hati. Ada beberapa Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah yang wajib anda ketahui.

Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah

Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah | Sperma adalah cairan semen atau air mani yang dikeluarkan pria saat mengalami ejakulasi. Sperma mengandung spermatozoa atau sel spermatozoa yang fungsinya dapat membuahi sel telur wanita dan terjadinya kehamilan. Sperma yang normal berjumlah 2 sampai 5 ml setiap ejakulasi dan memiliki 15 juta sperma per milimeternya, dengan ciri berwarna putih dan kental.

Menurut keterangan secara medis, sperma terbagi menjadi 2, jika kadarnya normal disebut dengan oligospermia, dan yang dianggap tidak normal disebut dengan azoospermia.

Sperma dengan jumlah sedikit atau kurang dari 2 mil maka potensi kehamilan pada wanita pun ikut menurun atau kecil. Jika jumlah sperma Anda rendah, hal ini tentu akan dapat berdampak pada terjadinya pembuahan atau fertilisasi. Bagi setiap pasutri yang belum mempunyai buah hati dengan rentang waktu satu tahun dan rutin melakukan hubungan intim, bisa jadi adanya gangguan pada salah satu bahkan kedua pasangan, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi pada dokter kandungan. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah jumlah sperma pria yang rendah atau tidak normal.

Tanda Pria Memiliki Jumlah Sperma Sedikit

  • Rambut wajah sedikit

Jumlah sperma rendah bisa jadi akibat ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon itulah yang bisa menyebabkan rambut wajah sedikit. Jadi, sedikit rambut di wajah bisa menjadi indikator jumlah sperma rendah.

  • Suara dalam

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Western Australia menyimpulkan bahwa pria dengan suara yang dalam memiliki konsentrasi sperma yang rendah.
Itu karena testosteron yang memperdalam suara pira juga mempengaruhi produksi sperma saat berada pada tingkat yang tinggi.

  • Kurangnya otot

Jika seorang pria kekurangan perkembangan ototnya, itu mungkin indikasi memiliki jumlah sperma sedikit. Biasanya terjadi jika pria tersebut memiliki masalah genetik dengan kelenjar pituitary. Namun, kondisi ini tergolong langka.

  • Volume air mani sedikit

Semen adalah cairan susu yang membantu motilitas sperma. Jika tingkat testosteron rendah, maka seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah. Dan itu terlihat pada air maninya. Pria mungkin bisa melihat penurunan volume semen saat ejakulasi.

  • Kelelahan

Seorang pria mungkin mengalami kelelahan yang ekstrem dan tingkat energi rendah jika kadar testosteron rendah.
Jika seorang pria merasa meski banyak tidur tapi tidak merasa termotivasi untuk bangun dan berolahraga, ini bisa menandakan bahwa jumlah sperma pria itu rendah.

  • Ketidakmampuan untuk menghamili pasangan

Dan akhirnya, jika seorang pria telah mencoba selama satu atau dua tahun hingga sekarang belum menghamili istrinya, itu bisa jadi karena jumlah spermanya rendah. Ya bisa jadi masalah ada pada pasangan, tapi jumlah sperma juga mempengaruhi.

Itulah Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah. Agar kuantitas dan kualitas sperma terjaga, selalu terpakan pola hidup sehat yang bisa anda mulai dari rajin berolahraga, banyak konsumsi makanan sehat serta jauhi merokok. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Faktor Penyebab Ketidaksuburan Pada Kaum Pria | Masalah Kesehatan Yang Rentan Menyerang Generasi Milenial

Tanda Jumlah Sperma Terlalu Sedikit Atau Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *