Waspada, Inilah Bahan Makanan Yang Paling Sering Dipalsukan

Jumlah makanan palsu meningkat. Baik jenis maupun jumlahnya. Rupanya ada jenis makanan tertentu yang paling sering dipalsukan. Untuk itu, Waspada, Inilah Bahan Makanan Yang Paling Sering Dipalsukan.

Waspada, Inilah Bahan Makanan Yang Paling Sering Dipalsukan

Waspada, Inilah Bahan Makanan Yang Paling Sering Dipalsukan | Beberapa tahun yang lalu, kita dikejutkan dengan penipuan pencucian madu, tindakan mencampur madu dengan pemanis yang harganya lebih murah. Kemudian beberapa bulan yang lalu juga ada sebuah kasus di mana bubuk kayu dicampur dengan keju parmesan.

Belakangan, dunia kuliner memang penuh dengan penipuan, dan buku yang baru diterbitkan berjudul Real Food Fake Food: Why You Don’t Know What You’re Eating and What You Can Do About It yang ditulis oleh Larry Olmsted akan mengungkapkan bagaimana penipuan ini terjadi. Ternyata banyak makanan populer yang sebenarnya ditutupi dengan kebohongan. Bahkan beberapa di antaranya adalah bagian rutin dari menu sehari-hari yang sering dikonsumsi masyarakat dunia.

Makanan Yang Sering Dipalsukan

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang bisa dikatakan paling baik. Namun, harga minyak ini sangat mahal. Mungkin karena alasan tersebut, minyak zaitun banyak dipalsukan. Ada yang mengencerkan minyak zaitun dengan minyak lain seperti minyak kedelai, kacang tanah, atau biji bunga matahari. Campuran tersebut justru berbahaya bagi kesehatan. Saat membeli minyak zaitun, kenali rasanya untuk menilai keasliannya.

  • Ikan dan makanan laut

Waspadalah terhadap pasar ikan. Ini sudah terlalu sering terjadi. Ikan mahal yang ditukar dengan ikan yang lebih murah. Yang paling sering terjadi adalah ikan kakap merah atau nila. Begitu pula dengan kerapu, yang ditukar dengan ikan lain.

Anda juga perlu berhati-hati saat makan sushi di sebuah restoran. Itu karena sebuah studi yang dilakukan oleh kelompok nirlaba Oceana mengungkapkan, ketika memesan tuna putih di sebuah restoran sushi, 94 persen restoran akan menyajikan sushi dari bahan lain. Lobster juga sering ditukar dengan langostino, yang lebih mirip dengan kepiting.

  • Keju

Keju juga sering dipalsukan. Keju dapat dicampur dengan serutan kayu. Keju ini lebih murah dan sering disajikan sebagai keju parmesan. Anda perlu hati-hati dalam membeli keju. Pilihlah keju yang sudah jelas komposisi dan keamanannya. Belilah keju yang sudah dikemas dan bersertifikat.

  • Madu

Madu adalah pemanis alami yang baik untuk tubuh. Makanan ini adalah makanan ketiga yang paling banyak dipalsukan di dunia. Madu palsu biasanya lebih murah. Madu palsu dibuat dari bahan pemanis, bit gula, sirop, dan tebu. Madu manuka asal Australia – yang sangat terkenal dan mahal – sering dipalsukan. Madu palsu ada yang mengandung kloramfenikol (antibiotik) yang berbahaya. Anda sebaiknya membeli madu yang kemasannya sudah tersertifikasi.

  • Kopi

Minuman pahit yang dapat menahan rasa kantuk ini juga sering dipalsukan. Kopi yang sudah digiling sering dicampur dengan bubuk lain seperti jagung giling, gandum panggang, dan kedelai. Bahkan untuk mengurangi biaya, ada yang mencampur bubuk kopi dengan kayu. Membeli biji kopi utuh dan menggiling sendiri dapat membuat Anda terhindar dari kopi palsu.

  • Beras

Ingatkah Anda tentang kasus beras plastik beberapa waktu lalu? Kasus pemalsuan ini adalah yang paling berbahaya untuk kesehatan tubuh. Beras palsu dibuat dari tepung yang dicampur plastik. Hasil pencampuran tersebut mirip seperti nasi dan berbau sama karena sudah disemprot dengan bumbu. Namun Anda dapat membedakannya lewat ciri-ciri bahwa beras plastik tidak tenggelam dalam air dan bisa terbakar seperti plastik.

  • Sampanye

Kita semua tahu bahwa sampanye hanya bisa disebut champagne hanya jika itu berasal dari daerah Champagne, Prancis, tapi itu tidak menghentikan pembuat wine AS untuk menyebut produk mereka champagne.

Makanan palsu banyak dibuat untuk menekan biaya produksi. Mengonsumsi makanan yang telah dipalsukan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Agar Anda dan keluarga terhindar dari dampak buruk tersebut, Anda harus lebih cermat dalam memilih bahan makanan. Sekian mengenai bahan makanan yang sering dipalsukan, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Inilah Aroma Yang Bisa Bangkitkan Suasana Hati | Kenali Jenis Karbohidrat Sehat Jika Ingin Cepat Langsing

Waspada, Inilah Bahan Makanan Yang Paling Sering Dipalsukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *